Melepas yang Harus Dilepas

Ya, melepas yang harus dilepas. Sulitkah? Tentu. Butuh waktu yang cukup lama bagiku untuk melepaskan hal ini, ya hal ini. Bertahun-tahun aku terjebak dalam imajinasiku sendiri, bertahun-tahun aku terjebak dalam bayangan kesempurnaan. Hasilnya? Nihil.

Melepaskan sama sekali berbeda dengan kehilangan karena melepaskan sesuatu berarti sesuatu itu yang harus menunggu kita untuk melepaskannya, sementara kehilangan…kita yang harus rela ditinggalkan oleh sesuatu yang amat dekat dengan kita, atau yang amat kita cintai. Aku minta maaf untuk panggilan ‘kita’ yang seakan-akan berniat untuk mendikte kalian, meski aku tidak berniat mendikte kalian sama sekali.

Yang jelas, kini ada perasaan bahagia sekaligus lega yang menghampiriku. Aku bahagia pada hal yang telah berhasil kulepaskan setelah bertahun-tahun lamanya. Ini tidak mudah sama sekali, tetapi aku kali ini sangat yakin bahwa semua ini adalah yang terbaik.

Aku bangga pada diriku sendiri karena aku telah berhasil melepaskan sesuatu yang seharusnya sudah kulepaskan sejak lama. Aku bangga pada diriku dan kesiapanku untuk menyambut apapun yang akan terjadi di masa depan.

Reply